Video musik terbaik sepanjang masa

Sudah lama sejak video membunuh bintang radio, jadi semua hal dipertimbangkan, agak menakjubkan bahwa bentuk video musik masih berkembang di era YouTube dan TikTok. Sekarang, dengan Beyoncé’s Lemonade dan video panjang album blockbuster lainnya meningkat, kita mungkin berada di ambang zaman keemasan video musik baru. Ini adalah waktu yang tepat untuk menjadi penggemar, dan tidak pernah semudah ini untuk merekam video untuk lagu pesta favorit Anda atau lagu pop dari kenyamanan komputer atau ponsel Anda (dan tidak ada yang menghentikan Anda untuk menekan tombol putar ulang itu berulang-ulang) . Untuk uang kami, video-video ini merupakan puncak bentuk seni video musik terbaik sepanjang masa setidaknya sejauh ini.

1. ‘Thriller’ oleh Michael Jackson

Sejak dirilis pada Desember 1983, ‘Thriller’ ditakdirkan untuk menjadi salah satu video musik paling legendaris sepanjang masa. Hampir 40 tahun kemudian, ia tetap sangat berpengaruh dan sangat berani, bahkan untuk mata kontemporer. Membakar silsilahnya dengan kiasan yang penuh kasih terhadap film-film horor seminal Romero’s Night of the Living Dead , Hitchcock’s Vertigo dan hit terbaru sutradara John Landis sendiri, An American Werewolf in London, Pendingin 13 menit Jackson memadukan keaslian menyeramkan dengan kesenangan berkemah ke tingkat yang sangat sukses. Seberapa sukses? Rilisan home-video di balik layar terjual lebih dari 9 juta kopi, dan saat ini merupakan satu-satunya video musik yang disimpan di Library of Congress National Film Registry. Hanya bintang pop dengan visi MJ yang bisa melakukannya.

2. ‘Seperti Doa’ oleh Madonna

Membakar salib, stigmata, rayuan suci tidak sulit untuk melihat mengapa video musik tahun 1989 ini menimbulkan sedikit kehebohan. Disutradarai oleh Mary Lambert, yang menyutradarai kedua film Pet Sematary, film tersebut dikutuk oleh Vatikan, dilarang tayang di televisi Italia dan mendorong Pepsi untuk menghentikan kampanye iklan senilai $5 juta yang menampilkan lagu tersebut. Sebuah pemeriksaan mencolok dari ras dan agama, video mungkin tidak bagus untuk menjajakan soda, tapi itu pasti membantu Madonna dalam perjalanannya untuk menjadi dewa pop – orang yang pasti tahu bagaimana menekan tombol dunia.

3. ‘Polisi Karma’ oleh Radiohead

Radiohead kembali bekerja sama dengan sutradara Jonathan Glazer yang juga memimpin klip mereka untuk ‘Street Spirit (Fade Out)’ untuk mahakarya abstraksi moody dari ‘OK Computer’ tahun 1997 ini. Latar belakangnya yang gelap mengingatkan pada adegan-adegan dari Blood Simple dan Fargo dari Coen bersaudara , dan seperti film-film itu, kekerasan yang mencolok terletak sangat dekat dari pengertian. Ketegangan di layar memungkiri lirik lucu Thom Yorke yang licik dan akord piano diplomatik sampai akhir yang berapi-api. Ini adalah apa yang Anda dapatkan ketika Anda main-main dengan kami.

4. ‘Runaway’ oleh Kanye West

Video musik film pendek ini, yang menambahkan narasi visual yang megah pada mahakarya Ye yang hampir diakui secara universal, ‘My Beautiful Dark Twisted Fantasy’, mungkin merupakan demonstrasi paling ambisius dari visi kosmik sang seniman. Dalam film tersebut, Kanye memulai romansa aneh dengan burung phoenix yang jatuh ke bumi sebagai meteorit besar yang menyala, menampilkan gambar kembang api sirkus, patung raksasa Michael Jackson, penari balet interpretatif yang mendukung pesta makan malam ballroom mewah dan banyak lagi. Ini menakjubkan, itu drama tinggi, itu indah, dan yang terpenting, ia memiliki rasa hati yang pedih yang boros dan sok seperti artis — manifestasi utama dari apa yang membuatnya begitu menawan.

5. ‘Big Time Sensuality’ oleh Björk

Ketika Björk memutuskan untuk bekerja dengan sutradara Stéphane Sednaoui pada video untuk single 1993-nya, ‘Big Time Sensuality’, tidak ada anggaran yang nyata untuk dibicarakan. Faktanya, Sednaoui mengklaim bahwa mereka hampir tidak melakukan video sama sekali, sampai dia mendapat inspirasi saat naik taksi. Maju cepat ke Björk, bernyanyi hanya seperti yang Björk bisa, di belakang truk flatbed yang bergerak melalui Manhattan. Lagu itu adalah yang pertama untuknya di tangga lagu di AS, video itu jatuh ke rotasi berat di MTV dan seorang bintang internasional lahir.

Jika Anda ingin mendapatkan lagu-lagu hits Anda dapat mendownloadnya di mp3juices.

6. ‘Humble’ oleh Kendrick Lamar

Video musik pertama Kendrick benar-benar sederhana—ambil ‘ADHD’ 2011, yang menampilkan visual sederhana dari rapper yang mengendarai sepeda keliling kota untuk meninggalkan ruangan, menyoroti bait-bait quicksilver-nya. Maju cepat ke 2017, dan—terlepas dari protes lagu ini—K.Dot telah meninggalkan kesopanan. Citra religius berlimpah dalam ‘Humble,’ dari rekreasi dinamis The Last Supper hingga bidikan pembukaan Kendrick yang mengenakan pakaian Paus sendiri. Gambar-gambar lain, seperti sekumpulan tubuh tanpa wajah yang dibungkus dengan tali yang terbakar atau barisan bayangan kepala botak yang mengangguk mengikuti alirannya, sangat mencolok. Di bawah itu semua terdapat benang kuat untuk menumbangkan citra klasik dengan simbolisme Hitam.

7. ‘Lebih Dekat’ dengan Kuku Sembilan Inci

Sutradara Mark Romanek, yang berada di balik beberapa video musik terbaik dalam 25 tahun terakhir (antara lain ‘Criminal’ Fiona Apple dan ’99 Problems’ Jay-Z), menetapkan standar tinggi untuk citra yang menghantui dengan video 1994 ini. Dengan menanam Trent Reznor ke penjara bawah tanah S&M steampunk David Lynch dan membiarkan hal-hal menjadi lebih aneh dari sana, Romanek melahirkan kreasi yang tak terhapuskan termasuk: Reznor yang lumpuh dan melayang; monyet yang disalibkan; jantung bertenaga mesin yang meniupkan asap mengikuti irama lagu. Sebagian besar dari ini tidak sesuai dengan sensor beberapa bingkai diganti dengan kartu judul ‘adegan hilang’ untuk melunakkan video untuk siaran reguler.

8. ‘Tombol Paling Sulit untuk Tombol’ oleh Garis-garis Putih

Ide sutradara Michel Gondry untuk video ini, yang menampilkan Jack dan Meg White menampilkan single ketiga dari album 2003 mereka ‘Elephant’ sebagai instrumen mereka yang terus berkembang biak, pada awalnya mendapat perlawanan dari Mr. White. Untungnya, itu adalah kejadian langka di mana Gondry yang selalu mudah beradaptasi menolak untuk berkompromi, dan karya agung yang memukau ini lahir. Bagi mereka yang melacak, ini berisi 32 kit drum Ludwig yang identik, 32 amplifier, 16 dudukan mikrofon, dan satu cameo Beck.

9. ‘Smells Like Teen Spirit’ oleh Nirvana

‘Smells Like Teen Spirit’ adalah singel juara dari ‘Nevermind’ tahun 1991, dan videonya membantu memperkuat Nirvana sebagai The Only Band That Mattered. Sutradara Samuel Bayer menangkap estetika grup yang kasar dan kotor dengan mengatur aksi di reli punk, lengkap dengan pemandu sorak yang memakai simbol anarki. Kesenian Kurt Cobain yang tak tertahankan juga bersinar—tidak senang dengan potongan awal Bayer, dia mengedit ulang video musik ini untuk memasukkan close-up terakhir yang tak terlupakan dari senyum Jokernya yang goyah, dan atas perintahnya, pembuatan film berakhir dengan full-on. lubang mosh.

10. ‘Hujan (Supa Dupa Fly)’ oleh Missy Elliott

Untuk masing-masing dari kita, ada gambar yang akan selamanya terbakar dalam ingatan kita, dan, untuk orang-orang dari usia tertentu, salah satunya adalah Missy Elliott dalam jumpsuit kantong sampah yang meledak itu. Disutradarai oleh video musik hip-hop titan Hype Williams dan menampilkan akting cemerlang dari SWV, Lil’ Kim, Total, Da Brat dan Puff Daddy, video musik ini adalah yang pertama dari deretan panjang visual Missy yang luar biasa, dan pernyataan bahwa Virginia yang sedang naik daun asli adalah kekuatan yang harus diperhitungkan.

11. ‘Sledgehammer’ oleh Peter Gabriel

Disutradarai oleh Stephen R. Johnson dan menampilkan bakat stop-motion dan Claymation dari Nick Park dari Aardman Animations (yang kemudian menciptakan pertunjukan Wallace and Gromit dan Shaun the Sheep yang terkenal), video lucu ini mengharuskan Gabriel untuk berbaring di bawah selembar kertas gelas selama 16 jam. Mengingat itu memenangkan sembilan hadiah di MTV Music Video Awards 1987 dan masih berdiri sebagai salah satu video musik yang paling banyak diputar dalam sejarah stasiun, kami akan mengatakan itu menghabiskan waktu dengan baik.

12. ‘Ini Dia Lagi’ oleh OK GO

Kembali pada tahun 2006, grup indie Chicago ini ‘menjadi viral’ dengan menarik hampir satu juta penayangan video dalam beberapa hari angka yang dapat dilakukan BTS atau Billie Eilish dalam hitungan menit sekarang. Namun, video untuk hit breakout mereka tetap memesona: satu pengambilan terus menerus dari anggota band yang melakukan gerakan koreografi yang tepat di enam treadmill. Lebih dari sekadar gerak kaki yang mewah, video musik top ini adalah momen penting dalam pengembangan konten internet amatir, menunjukkan kepada khalayak yang besar bahkan proyek DIY yang direkam secara kasar dapat menguasai era Web 2.0.

13. ‘Sabotase’ oleh Beastie Boys

Sembilan belas sembilan puluh empat menjadi 1974 dalam parodi kitschy Beasties dari drama polisi gaya Hawaii 5-0 . Tamasya awal untuk Spike Jonze, yang akan melanjutkan untuk mengarahkan tarif panjang fitur yang diakui seperti Adaptation and Her, video musik ini menampilkan MCA, Ad-Rock dan Mike D mengenakan simpanan primo, mengumpulkan orang-orang jahat, dan makan donat. Energi rap grunge-rap yang hingar-bingar dari lagu ini berpadu secara harmonis dengan visual yang kooky, kombinasi yang membantu mendorong album induknya, ‘Ill Communication’, ke status triple platinum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *