Apakah Konsumsi Jus Wortel Bisa Turunkan Mata Minus?

Apakah Konsumsi Jus Wortel Bisa Turunkan Mata Minus?

Dokter spesialis mata dr Zoraya A Feranthy, SpM membantah asumsi orang-orang yang menjelaskan mengonsumsi rutin jus wortel mampu turunkan apalagi menghilangkan minus pada mata anak. Penelitian mengenai hal itu ada, tapi disebutnya tidak signifikan.

“Kalau diminumkan jus wortel setiap hari, mata minus anak hilang? Tidak. Kalau udah terbentuk panjang bola matanya sekian, condong lebih ke makin tambah bukan berkurang,” kata dia di dalam sebuah acara di Jakarta, Rabu (23/11/2022) tips jaga kesehatan mata .

Menurut Zoraya yang tergabung di dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (PERDAMI) itu, sesungguhnya tersedia penelitian menyatakan tersedia pengurangan minus tapi ini tidak signifikan. Dia mengatakan, orang tua yang miliki anak bersama dengan riwayat suasana miopi atau termasuk dikenal sebagai rabun jauh sebaiknya laksanakan terapi kontrol.

Mereka termasuk direkomendasi membiasakan anak untuk lebih banyak laksanakan kesibukan di luar ruangan. Berdasarkan studi, hal ini mampu memperlambat perkembangan miopi.

Miopi atau mata minus merupakan keliru satu masalah mata yang kerap terjadi dan membuat seseorang kesulitan lihat benda jarak jauh secara jelas. Anak bersama dengan suasana ini kerap kali menyipitkan matanya apabila lihat objek jarak jauh Pusat Terapi Mata .

Selain faktor genetik, faktor lingkungan termasuk jadi penyebab yang mendominasi terjadinya mata minus termasuk pada anak, seperti membaca amat dekat, lihat layar gawai amat lama, dan kurang beraktivitas di luar ruangan. Menurut Zoraya, kala ini tersedia banyak variasi terapi miopi seperti lensa yang mampu menghambat laju minus, obat tetes, kacamata dan lensa kontak khusus terapi ortho k .

“Harapannya bersama dengan intervensi, kita mampu menghambat laju. Misalnya kecepatannya 1 mm per tahun kita mampu tahan bersama dengan terapi lebih kurang 50-60 persen. Itu saja udah bagus,” kata dia.

Lalu, apakah mengenakan kacamata mampu turunkan atau menghilangkan minus? Zoraya membantahnya. “Ada suasana yang sebelumnya di kacamatanya tersedia plusnya, sesudah itu sejalan usia menghilang, kelanjutannya tidak perlu kacamata,” katanya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *